SosbudSports

Pengunaan Game Online Bagi Remaja, Butuh Pengontrolan Dari Orang Tua dan Pemerintah

Saksimata.co – Depok – Game Online menjadi salah satu bentuk permainan hiburan atau kegiatan untuk mengisi waktu luang, yang digunakan hampir semua kalangan, khususnya bagi remaja.

Andra Brianoto merupakan salah satu Mahasiswa lulusan Universitas Gunadarma jurusan sistem informasi, yang juga sering menggunakan Game Online di sela-sela aktivitasnya, memberikan tanggapan mengenai kebiasaan ini. Angga mengungkapkan, dalam batasan penggunaan yang tidak berlebihan, Game Online memberikan dampak positif.

“Namun,  jika penggunaannya telah melampaui batas kewajaran akan berdampak Negatif, karena akan menimbulkan kecanduan bagi penggunanya atau menimbulkan dampak psikologis bagi anak,”terangnya, ketika ditemui di Jl. Gn. Kelud, Sukatani, Tapos, Senin (28/12/2020).

Untuk meminimalisir dampak Negatif tersebut Andra berharap, Penggunaan Game Online dikalangan remaja harus dengan bijak dan memikirkan dampak yang ditimbulkan. Selain itu, dibutuhkan peran serta Orang Tua dan Pemerintah.

“Harus ada peran Orang Tua terhadap anak. Katakanlah masih pelajar SD-SMP, dimana mereka belum mampu mengontrol emosi, maka orang tua harus menjauhkan anaknya dari aktivitas game atau memberikan batasan. Sedangkan dari sisi Pemerintah bisa mengeluarkan kebijakan, dengan membatasi akses penggunaan Game Online. Misalnya, bekerjasama dengan perusahaan Game dan memberikan batasan waktu penggunaan akses, serta memberikan edukasi dengan cara memasukkan karakter tokoh atau sejarah di aplikasi game itu,”harapnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Back to top button